Minggu, 15 April 2012

Jilbab Traveler

Semuanya berawal dari mimpi, mimpi ingin berkeliling dunia. Mimpi ingin melihat dan meginjakkan kaki di bumi Allah yang lain. Sejak kecil, saya senang sekali menonton film dan membaca buku-buku 'londo' yang dibelikan papaku sambil berangan-angan seandainya aku jd bagian didalam buku atau film itu. Diantaranya buku Lima Sekawan nya Enyd Blyton. Film nya diantaranya Our House, Full House, Bill Cosby Show, etc. Gara-gara sering nonton film 'londo' kalo tidur saya sering banget mimpi ngobrolnya pun pake bahasa Inggris. Hehe namanya juga mimpi..salah ngomong pun cuek aja.

Papaku sejak kecil mendidikku untuk meletakkan mimpi pada posisi yang tinggi, supaya kita berusaha untuk meraihnya. Beliau juga yang membuatku senang sekali traveling. Dengannya perjalananku selalu seru. Beliau mengajariku untuk belajar dari setiap travelingku.

Saya memakai jilbab sejak kelas 1 SMP semester 2. Hal ini saya lakukan karena perintah Allah dalam surat Al-ahzab dan An-nur yang mewajibkan seorang wanita untuk menutup auratnya. Pada tahun-tahun saya memakai jilbab, orang-orang yang mengenakannya bisa dihitung dg jari. Akan tetapi pada masa-masa sekarang, hehe yang tidak memakai malah bisa dihitung dengan jari. Alhamdulillah. Itu berarti semakin menunjukkan bahwa perintah Allah semakin di taati oleh manusia.

Dulu saya sempat berpikir bahwa jilbab akan membatasi langkahku dalam berekspresi Tapi alhamdulillah, Allah berkehendak lain. Meskipun berjilbab, saya masih bisa berekspresi seluas-luasnya. Disini saya akan memberikan tips2 buat para jilbab traveler yang lumayan penting buat dicatat berdasarkan pengalaman saya pada saat melaukan perjalanan. SIAPKAN BUDGET! Yups, ini tips pertama. Sebelum perjalanan, siapkan dana yang cukup. Yah, namanya jg perjalanan, apalagi kalau waktunya lumayan lama, pasti butuh dana. Buat para jilbab traveler, lebih kurang alokasikan dana yang kamu miliki sebagai berikut: a. Makan 15% b. Transportasi 25% c. Akomodasi 25% d. Uang saku 20% e. Wisata 15% Buat oleh2?..pintar2 saja dalam mengelola uang selama dalam perjalanan. Yang pasti amankan dulu untuk akomodasi, makan dan transportasi. Oiya, bagi yang ingin menggunakan kartu kredit, perhatikan beberapa catatan berikut: a. Browsing dulu di internet sebelum pergi, cari tahu kartu kredit apa yang berlaku di negara yang dituju, dan bisa digunakan ditempat apa saja. b. Ingat limit, makanya lunasi dulu kartu kredit sebelum perjalanan, biar kita punya dana cadangan. c. Sebaiknya membawa satu atau dua kartu dengan limit agak besar daripada bawa banyak kartu akan tetapi sulit dikontrol(bawa 1 masterd card dan 1 VISA). d. Biasanya Bank akan mengenakan biaya tambahan sekitar 2-3% untuk setiap transaksi atau ketika mengambil uang di ATM. e. Catat nomor kartu kredit, kalau2 dompet kita hilang. f. Jangan pernah membuang bill transaksi ya! Cek lagi semua pengeluaranmu setelah tiba di tanah air, kemudian cocokkan dengan tagihan kita nantinya. g. Saya pribadi sebenarnya tidak menyarankan untuk menggunakan kartu kredit selama melakukan perjalanan, apalagi resikoya kita berhutang dengan bank. Tapi kita memang gak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan, dalam kondisi-kondisi darurat tidak ada salahnya kita gunakan kartu kredit, apalagi bila kita pergi sendirian, penggunaannya just incase.

 






Di depan Gedung Raffless Singapore










Grand Palace Bangkok, Thailand


Note: thanks for ur inspiration mba Asma Nadia..for all the best tips..

1 komentar:

  1. Berbagai Pengalamam Mbak Ratna... Dari Tulisan ini, anda menyukai traveling, dan biasanya punya jiwa petualang, mengedepankan suasana baru,,,,, yang lebih :menakjubkan. Dalam tip's yang tertulis cukup lengkap, namun agar lebih lengkap lagi berdasarkan pengalaman, ada baiknya; (1) identitas diri seperti pasport, KTP, dll dicopy dan dimasukan dalam tas kecil (terpisah dengan dompet yang memuat aslinya, jaga-jaga jika hilang) (2) catat contact person di negara yang kita kunjungi, dan sampaikan kepastian berangkatnya; (3) bawa uang rupiah karena orang asing juga senang jika melihat dan memilikinya (lebih praktis ditambah souveneer khas Indonesia). (4) bawa obat-obatan dan makanan yang kita sukai dan pilih yang agak praktis dibawa. (5) Jangan lupa, bawa kamera yah,.... Sudah itu dulu yah, dan sampaikan ke sahabat sukses lainnya yah, agar posisi Jilbab Traveler tangguh menjadi petualang dan mampu menggapai mimpinya,...... amien.

    BalasHapus